Tuesday, March 5, 2013

Contoh proposal

Contoh proposal program kreatifitas mahasiswa-



A. Judul Program
Pelatihan Pembuatan Aneka Kreasi Kain Flanel dan Kain Perca Bagi Santriwati Yatim Di Panti Asuhan Aisyiah Cipayung Jakarta Timur Untuk Bekal Wirausaha Mandiri
B. Latar Belakang Masalah
Saat ini pekerjaan sebagai pengusaha atau wirausahawan mulai dilirik banyak orang. Hal ini menjadi penting sebab berwirausaha memiliki keuntungan lebih dibandingkan menjadi seorang pegawai kantor ataupun buruh. Wirausaha mengajarkan aspek penting berupa kreatifitas dan keberanian. Wirausaha juga memungkinkan seseorang membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain tidak lagi sebagai pencari kerja (job seeker). Salah seorang pejabat tinggi negeri ini pernah mengatakan bahwa jika negeri ini mau maju dibutuhkan sekitar 4 juta orang pengusaha, artinya jumlah pengusaha di negeri ini masih jauh dari angka tersebut. Seorang sosiolog bernama David McCleland mengemukakan bahwa, apabila sebuah negara ingin menjadi makmur, minimal sejumlah 2% dari persentase keseluruhan penduduk di negara tersebut harus menjadi wirausahawan. Indonesia sendiri sampai saat ini menurut sebuah riset jumlah penduduk yang menjadi wirausaha baru sekitar 0,18%.
Salah satu sasaran yang harus diasah kemandiriannya melalui kegiatan berwirausaha adalah anak-anak yatim yang kurang mampu. Sebagian besar anak yatim mengalami kesulitan dalam mengakses pendidikan maupun keterampilan. Mereka yang tinggal di panti asuhan umumnya minim keterampilan yang dapat membawa mereka ke taraf kehidupan yang lebih baik.
Berdasarkan latar belakang itulah kami ingin mengadakan pelatihan kewirausahaan dan keterampilan bagi anak-anak yatim yang kurang mampu sebagai bentuk kontribusi nyata dalam usaha memandirikan dan memberdayakan mereka. Hal itu kami lakukan mengingat perbuatan menyantuni anak yatim dalam hal memberikan ilmu kemandirian berwirausaha dan keterampilan adalah suatu usaha yang sangat dianjurkan oleh agama dan sangat dibutuhkan oleh mereka. Lebih dari itu, kelak mereka akan mampu membuka lapangan pekerjaan baru yang dapat menyerap orang lain yang senasib dengan mereka.
Dalam hal ini kami membidik remaja putri Panti Asuhan Aisyiah yang berlokasi di Cipayung Jakarta Timur tingkat SMP dan SMA. Mengapa kami memilih jenjang SMP dan SMA ? Karena pada usia tersebut anak-anak sedang mencapai tingkat kreatifitas yang cukup tinggi. Selain itu, remaja putri di panti asuhan ini belum mendapatkan materi kewirausahaan yang akan membantu mereka menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam bidang pekerjaan. Sedangkan keterampilan yang akan diberikan adalah kreasi inovatif dari kain flanel karena kami lihat usaha kain flanel memiliki prospek yang cukup baik, banyak konsumennya, cukup mudah pembuatannya, dan modal yang diperlukan tidak terlalu besar.
C. Perumusan Masalah
Selama ini remaja asuh putri di Panti Asuhan Aisyiah Cipayung melakukan aktifitas sehari-harinya dengan kegiatan sekolah dan belajar mengaji. Materi kewirausahaan (enterprenuership) yang menekankan aspek kemandirian dan kreatifitas belum mereka dapatkan. Sebagai modal untuk berwirausaha maka akan kami berikan pelatihan keterampilan pembuatan aneka kreasi dari kain flannel dan perca dengan harapan kelak mereka dapat menjadi pengusaha yang kreatif dan mandiri.
D. Tujuan Program
1) Menyiapkan wirausahawan muslimah yang siap berkompetisi secara sehat dan sesuai tuntunan agama.
2) Memandirikan anak yatim agar kelak mereka memiliki keterampilan yang dapat digunakan untuk mencari rezeki.
3) Menumbuhkan semangat kreatifitas dalam mengolah kain flannel menjadi produk yang memiliki daya jual.
E. Luaran yang diharapkan
Terciptanya anak-anak asuh putri yang terampil menjahit berbagai kreasi flannel, kreatif dalam menciptakan produk-produk kreasi flannel yang layak jual, memiliki pengetahuan tentang wirausaha serta mampu menjadi pengusaha sukses dengan tetap mempertahankan nilai-nilai Islami.
F. Kegunaan Program
1) Menumbuhkan semangat dan menanamkan pentingnya berwirausaha (entrepreneurship) kepada remaja putri asuh di Panti Asuhan Aisyiyah Cipayung Jakarta Timur agar kelak mereka mandiri di saat dewasa nanti.
2) Program ini juga diharapkan mampu menciptakan pengusaha muslimah ideal yang kreatif, inovatif dan terampil dalam mengkreasikan kain flannel dan perca sebagai modal untuk terjun dalam dunia wirausaha.
G. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran
1. Kondisi Remaja Asuh Putri Di Panti Asuhan Aisyiah Jakarta Timur
Panti Asuhan Aisyiah Putri di Cipayung Jakarta Timur merupakan panti asuhan yang didirikan atas kerjasama ibu-ibu pengajian Aisyiah yang didirikan setahun yang lalu. Saat ini memiliki anak asuh berjumlah 20 orang dengan rentang usia 12-17 tahun. Saat kami mengunjungi panti asuhan, Ibu asuh dip anti asuhan tersebut meminta tolong kepada kami agar memberikan keterampilan kepada anak asuh. Saat itulah muncul ide untuk membuat proposal program kreatifitas mahasiswa pengabdian masyarakat (PKM-M).
Aktifitas anak asuh di Panti Asuhan Aisyiah dari pagi hingga siang hari mereka bersekolah di sekolah negeri di daerah sekitar panti asuhan. Setelah aktifitas sekolah formal usai mereka kembali ke asrama untuk melakukan rutinitas harian yakni hafalan al-Qur’an dan belajar materi agama Islam. Anak-anak di panti asuhan tersebut selama ini belum mendapat bekal ilmu keterampilan yang nantinya dapat memandirikan mereka kelak. Dengan kegiatan pelatihan kewirausahaan dan keterampilan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam memandirikan mereka.
2. Gambaran Umum Solusi yang ditawarkan
Saat ini remaja asuh putrid di Panti Asuhan Aisyiyah Cipayung belum memiliki keterampilan berwirausaha dikarenakan terbatasnya biaya yang dimiliki pengelola panti asuhan untuk memberikan materi keterampilan sementara keterampilan adalah salah satu aspek penting untuk bekal kemandirian mereka saat dewasa kelak.
H. Metode Pelaksanaan Program
1) Waktu dan Tempat Pelatihan
Program kreatifitas mahasiswa ini akan dilaksanakan selama 4 bulan yang dimulai sejak bulan awal pendanaan program PKMM tahap awal cair. Program ini dilaksanakan tiap akhir pekan dengan durasi pelatihan 150 menit per sesinya. Kegiatan ini bertempat di aula panti asuhan tersebut. Peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan dan keterampilan ini terdiri dari 20 orang remaja asuh putri dan 10 orang ibu-ibu yang berada di lingkungan sekitar panti asuhan.
2) Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan
a. Tahap Persiapan
Sebelum melakukan PKMM, pelaksana kegiatan melakukan konsultasi dengan dosen pendamping secara intensif . Kemudian melakukan observasi terhadap masyarakat sasaran dan melakukan koordinasi kepada pihak yang bersangkutan.
b. Tahap Pelaksanaan Kegiatan
Pelatihan kewirausahaan dan keterampilan ini akan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan.
· Pada pertemuan ke-1 dan ke-2 peserta akan diberikan materi seputar kewirausahaan dengan sumber materi berupa modul. Penyampaian materi menggunakan media power point disertai potret-potret wirausahawan yang telah sukses. Materi diberikan oleh ketua dan anggota pelaksana PKM-M.
· Pada pertemuan ke-3 sampai ke-8 peserta akan diberikan materi keterampilan dan langsung mempraktekkannya pada alat dan bahan yang telah disediakan. Keterampilan yang akan diberikan berupa pembuatan kaos dengan hiasan kreasi flannel dan kain perca, tempat pensil beridentitas berbahan dasar flannel, aneka aksesoris seperti gantungan kunci boneka, bross jilbab, sampul buku, kreasi boneka flannel serta beberapa teknik dasar dalam membordir kaos flannel.
· Pada pertemuan ke-9 dan ke-10 peserta akan melaksanakan kegiatan pemasaran produk-produk yang telah mereka buat kepada masyarakat sekitar, di sekolah-sekolah, di kampus-kampus dan pada saat acara seperti pasar malam. Kegiatan pemasaran ini berguna dalam membentuk mental wirausaha kepada mereka. Selain itu akan diajarkan pula cara memasarkan produk melalui media sosial internet.
· Di akhir pertemuan para peserta akan diberikan kuisioner mengenai kegiatan pelatihan yang selama 10 kali pertemuan yang telah dilaksanakan.
C. Tahap Akhir
Tahap akhir terdiri dari pembuatan dan pengumpulan laporan hasil kegiatan.
I. Jadwal Kegiatan Program
Keseluruhan program ini akan dilaksanakan selama 4 bulan, dengan perancangan kegiatan dan waktu sebagai berikut.
Kegiatan
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
Bulan ke-4
Pekan ke-
Pekan ke-
Pekan ke-
Pekan ke-
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Konsultasi dengan dosen pendamping
















Observasi masyarakat sasaran
















Koordinasi Tim
















Persiapan Pelatihan
















Pemberian Materi Kewirausahaan
















Pengenalan Alat , Bahan, dan Teknik Menjahit Awal
















Pelatihan Pembuatan Kaos Flannel
















Pelatihan Pembuatan Kaos Perca
















Pelatihan Pembuatan Tempat Pensil Flannel
















Pelatihan Pembuatan Aksesoris Flannel
















Pelatihan Pemasaran Kepada Konsumen/Masyarakat
















Evaluasi PKM
















Pembuatan Laporan Akhir
















Lokakarya
















J. Rancangan Biaya
Perkiraan biaya yang diperlukan untuk kegiatan pelatihan adalah sebagai berikut.
No
Jenis/Nama Barang
Satuan
Harga Satuan
Frekuensi
Total
1
Perlengkapan Pelatihan


a. Spidol
2 buah
Rp.6000
-
Rp.12.000
b. Penghapus
2 buah
Rp.5000
-
Rp.10.000
c. Buku materi kewirausahaan bersumber dari internet
1 jilid
Rp.25.000
-
Rp.25.000
d. Buku materi kain flannel dan kain perca
4 buku
Rp.40.000
-
Rp.160.000
e. Fotocopy materi
30 jilid
Rp.30.000
-
Rp.900.000

f. Sewa LCD(infocus)
1 buah
Rp.30.000
2 kali
Rp.60.000
2
Peralatan Pelatihan





a. Kain flannel
40 Meter
Rp.16.000
-
Rp.640.000
b. Alat lem tembak
8 piece
Rp.30.000
-
Rp.240.000
c. Isi lem tembak
1 Kg
Rp.50.000
-
Rp.50.000
d. Kain puring
5 Meter
Rp.12.000
-
Rp.60.000
e. Restluiting
30 piece
Rp.1000
-
Rp.30.000
f. Gantungan kunci
1 Bungkus
Rp.15.000
-
Rp.15.000
g. Peniti bros
1 Bungkus
Rp.10.000
-
Rp.10.000
h. Kaos polos katun C59
30 kaos
Rp.30.000
-
Rp.900.000
i. Gunting
30 piece
Rp.4000
-
Rp.120.000
j. Pulpen
30 piece
Rp.2000
-
Rp.60.000
k. Kertas karton pola
30 Lembar
Rp.2000
-
Rp.60.000
l. Benang sulam
30 piece
Rp.500
-
Rp.15.000
m. Jarum sulam
30 piece
Rp.1000
-
Rp.30.000
n. Kain perca
3 Meter
Rp.10.000
-
Rp.30.000
o. Plastik kemasan
1 Bungkus
Rp.10.000
-
Rp.10.000
p. Plastik lapisan
6 Meter
Rp.15.000
-
Rp.90.000
q. Benang jahit
20 Piece
Rp.2500
-
Rp.50.000
r. Mesin jahit border bekas
1 buah
Rp.5.000.000
-
Rp.5.000.000
s. Dakron
1Kg
Rp.20.000
-
Rp.20.000
t. Mata boneka,jepit rambut,magnet,karet rambut
1 bungkus
Rp.50.000
-
Rp.50.000
3
Perjalanan
5 Orang
Rp.30.000
12 kali
Rp.1.800.000
4
Lain-lain





a. Konsumsi/snack
35 Orang
Rp.5000
10 hari
Rp.1.750.000
b. Pembuatan laporan dan pengiriman
1
Rp.100.000
-
Rp.100.000

c. Pembuatan kuisioner
30
Rp.1000

Rp.30.000




TOTAL
Rp.12.327.000
K. Lampiran
1. Biodata singkat ketua, anggota pelaksana, dan dosen pendamping
2. Gambar kreasi flannel yang akan diajarkan paada saat pelatihan
3. Surat pernyataan bersedia bekerja sama dengan mitra

No comments:

Post a Comment

TVone


Powered by www.tvone.co.id
(Double click pada layar TV untuk fullscreen, klik stop untuk berhenti)



jadwal acara dan situs resmi TV ONE www.tvone.co.id